Rabu, 25 Desember 2019

RPP STEM (Unduh/Download RPP STEM)


Selamat datang di blog klinikguru. Kali ini klinikguru akan membahas RPP berbasis STEM. Sebelumnya akan klinikguru pandu untuk mengetahui dasar-dasarnya terlebih dahulu.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau disingkat menjadi RPP, adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas, RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada pertemuan tersebut. Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dkembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.
Menurut Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013 Lampiran IV tentang implementasi kurikulum pedoman pembelajaran, RPP paling sedikit memuat

·         Tujuan Pembelajaran
·         Materi Pembelajaran
·         Metode Pembelajaran
·         Sumber Belajar
·         Penilaian

Menurut Klinikguru perkembangan RPP sangat dinamis, bisa dikatakan ada perbedaan cara penyusunan setiap tahunnya, sehingga komponen RPP juga turut berubah ubah. Dari RPP yang mengintegrasikan PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. Di Tahun 2019 mulai diterapkannya RPP berbasis STEM, dan sekarang yang terbaru RPP yang berkiblat kepada Merdeka dalam Belajar, sesuai aturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Nah RPP berbasis STEM (Science, Technology, Enginering, and Mathematic) adalah RPP yang menggunakan pendekatan pendidikan yang mengintegrasikan sains, teknologi, enginering dan matimatika dengan memfokuskan proses pendidikan pada pemecahan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari maupun profesi.

STEM memiliki pola yang dikenal dengan istilah EDP (Enginering Design Process) atau proses mendesain sebuah karya atau mesin. EDP ini kemudian memiliki banyak versi yang telah dirumuskan para ahli. 
RPP berbasis STEM ini merupakan proses pembelajaran yang berkiblat kepada teori pembelajaran konstruktivisme. Teori pembelajaran konstruktivisme merupakan teori pembelajaran yang sedang berkembang saat ini. Menurut teori ini, salah satu prinsip paling penting ialah bahwa guru tidak dapat hanya sekedar memberikan pengetahuan kepada siswa. Siswa harus membangun sendiri pengetahuan di benaknya. Guru dapat memberikan kemudahan untuk proses ini dengan memberikan siswa kesempatan untuk menemukan dan menerapkan ide-ide mereka sendiri.
Pada intinya RPP berbasis STEM ini mengajak guru untuk bisa merangsang dan mengarahkan peserta didik untuk bisa menghasilkan suatu produk berbasis proyek, produk tersebut bisa berupa peta, gambar, laporan eksperimen, miniatur, hasil presentasi dll. Proses tersebut menggunakan model pembelajaran berbasis Proyek.
Untuk lebih jelasnya teman teman guru bisa mencermati contoh RPP STEM  yang telah dibuat oleh salah satu guru teladan berikut.


Nah demikian teman teman guru sekalian semoga artikel yang sedikit ini bisa membantu....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar